Friday 20 April 2012

CONVERTER HEXADESIMAL

Hexadesimal...mungkin agak sedikit mumet memikirkan nya,,,,bagi yang doyan matematika sih ini mengasikkan,,,,tapi bagi mahasiswa yang kuliah bagian TI tapi pas SMA ngampil juruan IPS bisa mumet mikirin ini,,,,
So kita harus nyerah aja gitu ketika harus berhadapan dengan bilangan ini...gak dong...
kita kenal dulu ya apa yang di maksud dengan bilangan hexadesimal itu, sengaja ane copy paste bulat2 dari wikipedia supaya gak susah ngejelasin nya....


Heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan desimal, simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F. Sistem bilangan ini digunakan untuk menampilkan nilai alamat memori dalam pemrograman komputer. Nilai desimal yang setara dengan setiap simbol tersebut diperlihatkan pada tabel berikut:

Konversi

Konversi dari heksadesimal ke desimal

Untuk mengkonversinya ke dalam bilangan desimal, dapat menggunakan formula berikut:
Dari bilangan heksadesimal H yang merupakan untai digit h_n h_{n-1}...h_2 h_1 h_0, jika dikonversikan menjadi bilangan desimal D, maka:
D = \sum_{k=0}^{n} h_k \times 16^k
Sebagai contoh, bilangan heksa 10E yang akan dikonversi ke dalam bilangan desimal:
  • Digit-digit 10E dapat dipisahkan dan mengganti bilangan A sampai F (jika terdapat) menjadi bilangan desimal padanannya. Pada contoh ini, 10E diubah menjadi barisan: 1,0,14 (E = 14 dalam basis 10)
  • Mengalikan dari tiap digit terhadap nilai tempatnya.
1 \times 16^2 + 0 \times 16^1 + 14 \times 16^0
 = 256 + 0 + 14
 = 270
Dengan demikian, bilangan 10E heksadesimal sama dengan bilangan desimal 270.

Konversi dari desimal ke heksadesimal

Sedangkan untuk mengkonversi sistem desimal ke heksadesimal caranya sebagai berikut (kita gunakan contoh sebelumnya, yaitu angka desimal 270):
 270 dibagi 16 hasil:  16   sisa 14  ( = E )
  16 dibagi 16 hasil:   1   sisa  0  ( = 0 )
   1 dibagi 16 hasil:   0   sisa  1  ( = 1 )
Dari perhitungan di atas, nilai sisa yang diperoleh (jika ditulis dari bawah ke atas) akan menghasilkan : 10E yang merupakan hasil konversi dari bilangan desimal ke heksadesimal itu.

gak mudeng juga....pening, mual???ok daripada susah-susah buat ngitung atau mengkonversi bilangan hexadesimal....gunakan aja ni aplikasi gan,,,aplikasi nya friendly user banget...yang penting cuma punya koneksi internet....dan kita cuma tinggal menentukan konversi apa yang kita inginkan...text >>> hexadesimal atau hexadesimal >>>>text cukup gampang kan... 
selamat mencoba 

sumber 
http://id.wikipedia.org/wiki/Heksadesimal
http://www.string-functions.com/string-hex.aspx


 

 

No comments: