Monday 23 April 2012

MANA YANG HARUS DI DOWNLOAD Turbo C, Turbo C++, Borland C++, Borland C++ Builder

wkwkwkwk ketawa dulu anak muda nya...biar agak rileks nulis nya :)

sebagai anak baru di perkuliahan TI...saya di perkenalkan dengan beberapa bahasa pemrograman dasar yang awal2 nya cukup rumit.. Ada 3 bahasa pemrograman yang di perkenalkan ke saya yang memang harus di kuasai oleh calon programer. Bahasa Pascal, C++ dan HTML.

awal nya saya teringat pesan dosen saya di kelas,,,"yang namanya ilmu terapan, akan lebih lancar dan mahir apabila sering di terapkan...jadi sering-sering berlatih bakalan gampang untuk di terapkan.  berawal dari pesan dosen tersebut saya termotivasi untuk menerapkan nya ketika ada waktu luang...maka saya berencana untuk mendownload program bahasa pemrograman tersebut...


tapi kebingunan melanda saya ketika akan mendownload program C++. ada begitu banyak jenis program untuk bahasa C++. diantara nya Turbo C, Turbo C++, Borland C++, Borland C++ Builder. mana yang harus di download dan yang paling sesuai dengan program C++ di komputer lab kampus ya???
dari kebingungan tersebut saya tertarik untuk mengetahui apasih yang membedakan program-program tersebut....
mmmm....langsung aja deh ya,,,dah 3 paragraf juga buat pembuka aja...wkwkwkwk :)

  • Turbo C untuk membuat program berbahasa C sedangkan Turbo C++ untuk membuat program bahasa C++, Kedua-duanya buatan Borland.
  • Turbo C++ 1.0 dirilis Februari 1991 jalan di lingkungan DOS.
  • Turbo C++ 3.0 dirilis November 1991 jalan di lingkungan DOS yang kemudian diupdate untuk mendukung pembuatan program aplikasi untuk Ms-Windows (Turbo C++ 3.1).
  • Borland merilis juga Borland C++ untuk segment yang berbeda seiring dirilisnya Turbo C++ 1.0. Turbo C++ ditargetkan untuk para pemula dan hobbyist, sedangkan Borland C++ ditargetkan untuk para professional sehingga memiliki lebih banyak fitur, tool, dan kemudahan pembuatan program aplikasi. Dari sisi bahasa, Turbo C++ dengan Borland C++ masih sama.
  • Turbo C++ 4.0 dirilis November 1993 jalan dilingkungan Ms-Windows yang mendukung pembuatan dan pemakaian template lebih lanjut. Lalu dilanjutkan dengan Turbo C++ 4.5
  • Borland C++ dilanjutkan sampai Borland C++ 5.02 (1997) yang kemudian diganti dengan Borland C++ Builder yang dikembangkan sampai saat ini menjadi CodeGear C++ Builder 2009 (Dirilis Agustus 2008).
  • Sedangkan Turbo C++ "dihidupkan" lagi tahun 2007 yang dinamai CodeGear Turbo C++ Explorer (gratis-asik nih) dan CodeGear Turbo C++ Professional (bayar-mata duitan nih borland) yang dibuat berbasiskan Borland C++ Builder 2006.
 jadi teori evolusi darwin terjadi di bahasa pemrograman ini 
evolusi Turbo C++ adalah : Turbo C++ --> Borland C++ --> Borland C++ Builder

catatan penting yang harus di ingat
"Bahasa C++ distandarisasi secara internasional oleh ISO/ANSI tahun 1998. Dengan demikian Turbo C++ 1.0 sampai Borland C++ 5.02 belum mengacu pada perintah-perintah ISO/ANSI C++."

"Untuk membuat program C++ yang mengacu pada ISO/ANSI C++, dapat menggunakan MinGW C++ (ukuran file 6 Mb) atau Dev-C++ (ukuran file 6 MB) atau Turbo C++ Explorer (ukuran file 320Mb) atau Ms Visual C++ 2008 Express (ukuran file 3 Mb?) yang dapat di-download secara gratis dari internet." 
nah dah bisa diliat kan perbedaan nya...jadi sebelum mendownload program C++, sebaiknya kita tahu dulu mana yang paling kita butuhkan....untuk tahu di mana downloadnya silahkan tanya langsung ke mbah Google, atau ntar saya posting di artikel berikutnya karena upload nya lama banget....

CMIIW >>>>> Correct Me If Im Wrong yeeeee :)



No comments: